Pages

Tuesday, December 16, 2008


16-12-08 · Dipetik dari http://dupahang.wordpress.com

عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ قَالَ كُنْتُ عِنْدَ مِنْبَرِ رَسُوْلِ اللهِ فَقَالَ رَجُلٌ: مَا أُبَالِيْ أَنْ لاَ أَعْمَلَ عَمَلاً بَعْدَ اْلإِسْلاَمِ إِلاَّ أَنْ أَسْقِيَ الْحَاجِّ، وَقَالَ آخَرُ: مَا أُبَالِي أَنْ لاَ أَعْمَلَ عَمَلاً بَعْدَ اْلإِسْلاَمِ إِلاَّ أَنْ أُعَمِّرَ اْلمَسْجِدَ الْحَرَامَ، وَقَالَ آخَرُ: اَلْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ أَفْضَلُ مِمَّا قُلْتُمْ، فَزَجَرَهُمُ عُمَرُ وَقَالَ: لاَ تَرْفَعُوْا أَصْوَاتَكُمْ عِنْدَ مِنْبَرِ رَسُوْلِ اللهِ وَهُوَ يَوْمُ جُمْعَةٍ وَلَكِنْ إِذَا صَلَّيْتُ اْلجُمْعَةَ دَخَلْتُ فَاسْتَفْتَيْتُهُ فِيْمَا اخْتَلَفْتُمْ فِيْهِ فَأَنْزَلَ اللهُ: «أَجَعَلْتُمْ سِقَايَةَ اْلحَاجِّ وَعِمَارَةَ اْلمَسْجِدِ الْحَرَامِ كَمَنْ آمَنَ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ» رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Nu‘man bin Basyir RA berkata: Aku berada di dekat mimbar Rosululloh SAW, tiba-tiba ada seseorang berkata, “Aku tidak peduli, setelah Islam aku tidak mengerjakan amal lain selain memberi minum kepada orang-orang yang mengerjakan hajji.” Ada seseorang lagi yang mengatakan, “Aku tidak peduli, setelah Islam aku tidak mengerjakan amalan lain selain memakmurkan Majidil Haram.” Yang lain berkata, “Jihad di jalan Alloh lebih utama daripada apa yang kalian katakan.” Maka ‘Umar menghardik mereka dan berkata, “Jangan kalian keraskan suara kalian di sisi mimbar Rosululloh SAW di hari Jumat. Nanti setelah selesai sholat Jumat, aku akan menemui beliau di rumahnya dan kumintakan fatwa mengenai perkara yang kalian perselisihkan itu.” Maka Alloh ‘Azza wa Jalla menurunkan: “Apakah (orang-orang) yang memberi minuman kepada orang-orang yang mengerjakan haji dan mengurus Masjidil Haram kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada Alloh dan hari kemudian…” (HR. Muslim)

Kategori: TAFSIR HADITS

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...